Minggu, 29 September 2019

Khasiat Tanaman Liar Anting-Anting (Acalypha australis L.)

Khusus untuk anda yang belum tahu tentang tumbuhan anting-anting, komposisi dan apa saja khasiatnya bagi kesehatan dan pengobatan penyakit, dapat membaca keterangan singkat dalam postingan artikel khasiat herba berikut ini.

foto tanaman liar anting-anting tumbuh di pekarangan rumah

Deskripsi Tanaman Anting-Anting
Herba Anting-anting (Acalypha australis L.) atau sering juga disebut juga dengan nama latin Acalypha indica . Herba Anting-anting merupakan tumbuhan liar yang banyak terdapat di negara tropis. Di Indonesia, tanaman ini dapat ditemukan dengan mudah di tepi jalan, kebun, sungai ataupun pekarangan rumah tumbuh dalam bentuk semak. Akar tanaman ini sangat disukai oleh hewan kucing dan anjing karena mengandung banyak serat.

photo kucing makan tanaman anting-anting

Tinggi pohon bisa mencapai 30cm hingga 1.5 meter, berbatang tegak, bercabang dengan garis memanjang kasar, bulat lonjong berbentuk lanset, berambut halus, berwarna hijau.  Mirip dengan tanaman Bayam.  Daun tunggal, berbentuk belah ketupat, berwarna hijau, panjang 3-4 cm, lebar 2-3 cm, berujung runcing, letaknya berseling dengan ujung pangkal yang lancip dengan tepi bergerigi, terletak menyebar di sepanjang pohon dan batang. Bunga majemuk berbentuk bulir, keluar dari ketiak daun dan ujung cabang. Buah berbentuk bulat, warna hitam. Biji berbentuk bulat panjang berwarna coklat dan memiliki akar tunggang. Akar tanaman ini sangat disukai anjing dan kucing.

Baca Juga:

Pada perguruan tinggi tertentu, tanaman liar ini telah menjadi objek penelitian skripsi, thesis, hingga disertasi para mahasiswa universitas kesehatan dan kedokteran sebagai syarat kelulusan mendapatkan gelar kesarjanaan, megister, hingga doctoral.


Nama Tanaman
Di beberapa negara, tanaman liar ini dikenal dengan nama lokal yang berbeda-beda antara lain:

  • Indonesia : Anting-anting, Lelatang, Rumput Kokosengan 
  • Cina : Tie xian 
  • Malaysia : Rumput Lislis dan Tjeka Mas 
  • Filipina : Bugos, Maraotong, dan Taptapiñgar 
  • Inggris : Indian nettle, Indian copperleaf, dan Indian acalypha
Komposisi Anting-Anting
Menurut Phytochemical and Ethnobotanical Databases, tumbuhan anting-anting memiliki kandungan kimia dan efek farmakologis antara lain:

  • Fiber, Asam askorbat memberikan efek Antidiabetik
  • Asam askorbat memberikan efek AntiAGE, β Glucoronidase Inhibitor
  • Asam askorbat, β-sitosterol, βD-glucoside memberikan efek Hipoglikemia
  • Tanin, Kaempferol, asam askorbat memberikan efek Antioksidan, Xanthin Oxidase Inhibitor, 5 lipoxygenase Inhibitor
  • Tanin, Kaempferol, asam askorbat memberikan efek Antioksidan
Khasiat Tanaman Anting-Anting untuk Kesehatan
Memiliki rasa pahit dan efek farmakologis anting-anting telah teruji sebagai penyejuk (astringen), antiradang, antibiotik, peluruh air seni, menghentikan perdarahan (hemostatik). Selain itu Anting-anting sering digunakan sebagai pengobatan disentri basiler dan disentri amuba, malnutrisi, mimisan, muntah darah, berak darah, kencing darah, dan malaria

Khasiat Anting-Anting Untuk Mengobati 11 Penyakit
Secara umum jika herba anting-anting bisa diolah dengan benar sesuai takaran, maka bisa digunakan untuk mengobati minimal 10 jenis penyakit berikut ini.

  1. Kencing Manis atau penyakit gula darah atau Diabetes Mellitus (DM)
  2. Obat disentri 
  3. Mengatasi batuk
  4. Mengobati luka pada kulit 
  5. Mengatasi diare 
  6. Menghentikan muntah darah 
  7. Obat BAB berdarah
  8. Mengatasi penyakit dermatitis
  9. Obat eksim 
  10. Melancarkan saluran kemih
  11. Anti inflamasi
Ekstrak herba anting-anting dapat digunakan menurunkan kadar glukosa darah Mencit Balb/C induksi Streptozotocin

Cara Pengolahan Tradisional
Panduan pengolahan tradisional dari herba anting-anting di bawah ini dapat anda lakukan di rumah dengan mudah.
  • Rebus 30-60 gram herba kering. Airnya dibagi untuk 2 kali minum (pagi dan sore) selama 5-10 hari berturut-turut.
  • Dermatitis, eksim, dan koreng. Herba anting-anting yang masih segar direbus dengan air bersih. Kemudian air rebusan tersebut dipakai untuk mencuci bagian yang luka.
  • Pendarahan di luar. Buat adonan yang terdiri dari herba anting-anting segar dan gula pasir secukupnya. Campuran bahan tersebut dilumatkan sampai halus. Kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami pendarahan.
Cara Pengolahan Kedokteran Medis
Ekstrak herba Anting-anting diperoleh dari herba Anting-anting (Acalypha australis L.) yang dikeringkan, dihaluskan, kemudian diekstraksi dengan cairan penyari etanol 70%. Ekstraksi dilakukan dengan metode perkholasi. Selanjutnya pemberian ekstrak anting-anting secara peroral dengan dosis 1000 mg/kgBB. (Sebaiknya anda mendalami langsung melalui buku-buku penelitian herba)

2 komentar:

  1. Namanya tanamannya kok mirip nama perhiasan anting-anting wanita ya? Apakah bentuk daun atau batangnya menyerupai anting-anting wanita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena daunnya kecil-kecil lebar sehingga orang-orang tua dulu atau yang menemukannya menyebut dengan nama anting-anting

      Hapus

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan topik postingan. Jangan lupa untuk mengikuti update berita kesehatan melalui twitter @Quantum_Energi