Jumat, 01 November 2019

Mengenal 10 Sistem Organ Utama Tubuh Manusia

KESEHATAN.quantumenergi.com. Secara medis kedokteran moderen, telah ditemukan setidaknya terdapat 10 sistem utama dalam tubuh manusia yang masing-masing memberikan kontribusi besar dalam menentukan kualitas kesehatan bagi tubuh mansuia.

gambar ilustrasi sistem organ utama tubuh manusia

Gambar Ilustrasi Sistem Organ Utama tubuh Manusia

Ke-10 sistem organ utama dalam tubuh manusia tersebut antara lain adalah:

1. Sistem Peredaran Darah
Darah adalah cairan yang terdapat pada semua tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haima yang berarti darah.

Pada tubuh manusia, peredaran darah sangat berhubungan denngan keberadaan fungsi organ Jantung. Darah dipompa oleh jantung melalui pembuluh darah dan limfatik ke seluruh jaringan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah untuk mendapatkan oksigen dan nutrisi yang baik pada setiap bagian dari tubuh. Jika jantung sebagai pemompa darah dapat bekerja dengan lancar, maka tubuh akan berfungsi dengan baik alias sehat.

2. Sistem Pencernaan
Setiap makhluk hidup termasuk manusia membutuhkan makanan dari luar tubuh. Semua makanan eksternal yang masuk ke dalam tubuh manusia, terlebih dahulu akan diproses oleh beberapa organ tubuh yang berhubungan dengan pencernaan seperti mulut, lambung, dan usus halus. Fungsi organ-organ pencernaan tubuh ini selanjutnya disebut sebagai sistem pencernaan tubuh manusia.

Pada tubuh yang normal, ketika makanan masuk dalam tubuh melalui mulut dan melewati tenggorokan, maka secara otomatis sistem pencernaan akan bekerja untuk mengubah atau mencerna makanan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan yang sehat ini juga akan berusaha secara otomatis untuk menyaring makanan dengan memilih energi yang baik untuk sel-sel tubuh. Di antara makanan yang dianjurkan bagi sistem pencernaan adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Sistem Endokrin
Tubuh manusia diatur oleh beragam senyawa kimia. Sistem kelenjar endokrin merupakan salah satu sistem utama pada tubuh yang mengoordinasikan senyawa-senyawa kimia tersebut. Kinerja sistem endokrin berdampak kepada hampir seluruh sel, organ, serta berbagai fungsi di tubuh manusia. Hipofisis, Kelenjar teroid, Ovarium dan Testis adalah bagian dari Sistem Endokrin. Sistem ini berguna untuk mengontrol fungsi tubuh dengan mensekresi bahan kimia kedalam aliran darah. Tujuan ini dapat membantu suasana hati atau perasaan serta juga mengembangkan sistem metabolisme.

Cabang kedokteran yang mempelajari kelainan pada kelenjar endokrin disebut endokrinologi, suatu cabang ilmu kedokteran yang cakupannya lebih luas dibandingkan dengan penyakit dalam.

4. Sistem Integumen
Sistem integumen adalah suatu sistem organ membedakan, memisahkan, melindungi, dan menginformasikan manusia terhadap lingkungan sekitarnya. Sistem integumen ini meliputi kulit, ambut, bulu, sisik, kuku, kelenjar keringat dan berbagai produksinya seperti misalnya keringat atau lendir. Di antara tujuan dari sistem integumen ini adalah bertindak untuk melindungi dan mempertahankan cairan tubuh, menghalangi penyakit, membuang racun serta mengatur suhu tubuh.

5. Sistem Otot
Otot adalah salah satu sistem atau jaringan tubuh yang membantu tubuh agar dapat bergerah seperti mengedipkan mata, berjalan, menggerakkan kepala, memindahkan barang berat dari satu tempat ke tempat yang lain, mengunyah makanan, menggerakkan jantung untuk memompa darah, dll. Untuk memiliki otot yang sehat dan baik, dapat dilakukan dengan cara berolah raga yang sesuai secara teratur dan mengonsumsi makanan yang diperlukan oleh otot tubuh.

6. Sitem Saraf
Sistem saraf merupakan jaringan kompleks paling rumit dan paling penting karena terdiri dari jutaan sel saraf (neuron) yang saling terhubung dan vital untuk perkembangan bahasa, kemampuan bergerak, pikiran dan ingatan manusia. Sistem saraf yang ada pada tubuh menusia berfungsi menerima sentuhan atau rangsangan dengan mengirimnya ke otak. Otak yang menerima rangsangan dari saraf akan bertindak dengan reaksi pada tubuh. Otak dan Saraf tulang belakang merupakan beberapa bagian tubuh sebagai pusat kontrol pada tubuh manusia.

7. Sistem Reproduksi
Sistem reproduksi atau sistem genital adalah sistem organ seks dalam tubuh manusia yang bekerja sama untuk tujuan reproduksi seksual. Banyak zat non-hidup seperti cairan, hormon, dan feromon juga merupakan aksesoris penting untuk sistem reproduksi. Organ tubuh yang berhubungan dengan Sistem Reproduksi adalah Rahim, Penis, Ovarium dan Testis. Ini dikatakan sebagai pemberi dan penghasil.

Salah satu ciri makhluk hidup, termasuk manusia, yaitu berkembang biak. Sistem reproduksi pada manusia menjadi komponen penting dalam menghasilkan keturunan. Sistem reproduksi pada manusia, baik pria maupun wanita memiliki struktur organ internal dan ekternalnya masing-masing yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

8. Sistem Pernafasan
Rata-rata manusia bernapas sekitar 17 ribu sampai 30 ribu kali per hari. Nah untuk bisa bernapas dengan baik, manusia perlu didukung dengan sistem pernapasan yang juga baik. Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Sistem Pernafasan berfungsi memberikan oksigen dan darah mengarah ke seluruh bagian tubuh. Ini dilakukan melalui pernafasan yang terdiri dari Hidung, Tenggorokan, Trakea, Diafragma, Lungs dan juga Paru-paru.  Cara terbaik agar sistem pernafasan tetap sehat adalah dengan tidak merokok dan tidak berada di area yang terkontaminasi polusi udara.  Banyak minum air putih juga sangat membantu sistem pernafasan.

9. Sistem Rangka
Rangka manusia adalah sekumpulan organ penting yang menyediakan struktur ke seluruh tubuh dan memfasilitasi gerakan manusia. Rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau gabungan (seperti tengkorak) yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamen, tendon, otot, dan organ lainnya. Rata-rata manusia dewasa memiliki 206 tulang, walaupun jumlah ini dapat bervariasi antara individu. Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup.

10. Sistem Urin
Urine adalah hasil sisa metabolisme yang diekskresikan oleh ginjal kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui sistem perkemihan (urinaria). Dalam bahasa sehari-hari, urin adalah air seni yang berasal dari saluran kemih yang bertujuan untuk menyaring berlebihnya cairan serta zat-zat lain dari darah. Urine mengandung zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh, sehingga harus dikeluarkan karena bisa meracuni tubuh. Sebagian zat yang baik bagi tubuh akan diserap oleh tubuh dan yang tidak berguna bagi tubuh akan dibuang.

Sistem Urin atau disebut juga dengan sistem perkemihan adalah sistem organ yang memproduksi, menyimpan, dan mengalirkan urin. Pada manusia, sistem ini terdiri dari dua ginjal, dua ureter, kandung kemih, dua otot sphincter, dan uretra.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan topik postingan. Jangan lupa untuk mengikuti update berita kesehatan melalui twitter @Quantum_Energi