Selasa, 01 Oktober 2019

Penyakit Wasir Ambeien Penyebab dan Gejala Hemorrhoid

KESEHATAN.quantumenergi.com, tentang apa yang dimaksud dengan penyakit ambeien? Apa beda antara penyakit ambeien dan wasir? Apa yang menyebabkan seseorang terkena penyakit ambeien / wasir? Apa saja gejala dan tanda-tanda penyakit ambeien?

ilustrasi tanda-tanda dan gejala penyakit ambeien wasir

Deskripsi Penyakit
Ambeien dan Wasir adalah penyebutan nama untuk yang sama, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kondisi di mana pembuluh darah vena1 di sekitar anus sedang mengalami peradangan atau mengalami pembengkakan. Hal ini terjadi karena meningkatnya tekanan yang terlalu banyak pada rektum bagian bawah (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) dan anus sehingga membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan. Kondisi tubuh yang seperti ini sering juga disebut dengan istilah medis hemorrhoid atau lebih terkenalnya disebut sebagai penyakit ambeien. Wasir bukan termasuk tipe penyakit menular.

Baca Juga:

Dalam bahasa lain bisa juga dijelaskan bahwa wasir adalah pelebaran pembuluh darah vena pada bagian dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna akibat kerusakan pada katup vena. Biasa diderita pada orang yang sering mengalami konstipasi2 (BAB keras) dan kebiasaan meneran3 atau orang dengan pekerjaan yang banyak menggunakan otot perut dan terjadi peningkatan tekanan dalam perut yang lama.

Penyebab Wasir atau Ambeien
Di antara penyebab terjadinya peningkatan tekanan pada rektum adalah:
  • Sering dan kelamaan mengejan4 saat BAB (Buang Air Besar).
  • Kebiasaan duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab wasir, sebab pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.
  • Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat kamu harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut akhirnya bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, menjadi penyebab wasir.
  • Berat badan berlebih atau obesitas atau Mengangkat benda berat. Berulang kali mengangkat benda yang berat bisa jadi penyebab wasir karena adanya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.
  • Kehamilan. Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.
  • Kurang asupan makanan berserat dan Pola makan yang sembarangan (merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda) dan gaya hidup yang tidak teratur
  • Usia. Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak. Inilah yang akhirnya jadi penyebab wasir.
  • Menderita diare yang lama (diare yang tidak kunjung sembuh)
  • Melakukan hubungan sex yang tidak lazim
  • Kurang berolahraga
Penyakit wasir dibagi dalam dua jenis yaitu:
  1. Wasir Dalam (Internal hemorrhoid), wasir ini muncul di dalam saluran rektum Anda. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah.
  2. Wasir Luar (External hemorrhoid) wasir ini terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah. Kondisi ambeien yang yang lebih sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri.
Tanda-Tanda dan Gejala Wasir
Gejala wasir internal ditandai dengan minimal 4 keluhan yang khas dan penanganan yang masih bisa dilakukan:
  1. Mengalami BAB berdarah yang disertai tetesan darah merah segar saat BAB. Biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil . Penanganan bisa diberikan dengan pola makan dan obat topikal, suppositoria maupun minum.
  2. Muncul benjolan yang keluar tiap kali melakukan BAB namun bisa masuk sendiri setiap berhenti meneran tanpa perlu tindakan khusus. Penanganan yang diberikan adalah dengan diberikan obat minum untuk mengurangi pembengkakan dan perubahan pola makan serta hidup sehat.
  3. Muncul benjolan yang keluar saat meneran dan membutuhkan tindakan pemasukkan benjolan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk secara otomatis . Penderita biasanya mengalami rasa nyeri pada saat BAB dan meneran, ketika duduk dll. Penderita membutuhkan tindakan operatif.
  4. Muncul benjolan keluar, nyeri yang sangat dan berdarah serta tidak bisa didorong kembali. Penderita secepatnya membutuhkan tindakan operatif.
Sementara gejala wasir eksternal, ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar cincin anus yang bengkak dan nyeri, jika terjadi komplikasi bisa menimbulkan trombosis vena yang sangat nyeri dan membutuhkan tindakan operatif.

Gejala ambeien atau wasir secara umum dapat dilihat berdasarkan beberapa kondisi di bawah ini:
  • BAB keras dan adanya benjolan yang keluar saat meneran bisa saja merupakan salah satu tanda wasir yang sering dikeluhkan banyak orang.
  • BAB berdarah berwarna merah terang dan tidak nyeri
  • Gatal dan iritasi pada area rektum
  • Nyeri dan rasa tidak nyaman
  • Bengkak di sekitar anus
  • Benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus
Catatan Kaki:
1 Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Darahnya banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis. jika diraba, denyut jantungnya tidak terasa. Pembuluh vena mempunyai katup sepanjang pembuluhnya. Katup ini berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah tetap mengalir menuju jantung. Jika vena terluka, darah tidak memancar tetapi merembes.
2 Pengertian Konstipasi. Konstipasi atau sembelit adalah frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, maka seseorang disebut mengalami konstipasi. Akibatnya, tinja menjadi kering dan keras sehingga lebih sulit dikeluarkan dari anus.
3 menahan napas dan menekan seperti orang akan melahirkan; merejan
4 mengadakan tekanan di dalam tubuh bagian bawah (perut) seperti ketika hendak buang air besar, akan melahirkan anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan topik postingan. Jangan lupa untuk mengikuti update berita kesehatan melalui twitter @Quantum_Energi